Selasa, 15 Mei 2012

MANFAAT FLASH CARDS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR


Pernah dengar istilah FLASH CARDS? Kartu cepat? Atau kartu kilat? Mungkin bisa juga diartikan demikian karena mempergunakan kartu ini dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) akan mempermudah atau mempercepat pemahaman siswa.Penggunaan flash cards dalam belajar tidak hanya berlaku bagi young learners, media ini juga bermanfaat bagi older learners.
Teori multiple intelligence yang dikemukakan oleh Howard Gardener mengingatkan para guru tentang siswa yang memiliki tipe belajar yang berbeda. Penelitian yang diadakan oleh Gardener mengindikasikan bahwa dalam PBM, guru idealnya bisa mengakomodir tipe-tipe yang berbeda tersebut.
Untuk siswa pada usia membaca, flash cards bisa digunakan berdampingan dengan word cards. Word cards adalah kartu sederhana yang menampilkan tulisan saja, dan sebaiknya diperkenalkan setelah menunjukkan pictorial cards (kartu bergambar) sehingga tidak mempengaruhi pronunciation (pelafalan).
Flash cards adalah media yang sederhana namun sangat bermanfaat untuk menampilkan dan melatih kosa kata (vocabulary). Mau aktifitas tambahan? Kita bisa mengajak siswa membuat flash cards mereka sendiri, yang nantinya bisa dibawa pulang ke rumah untuk berlatih sendiri ataupun bersama orang tua dan saudara.
Flash cards adalah media yang tepat untuk membantu siswa/anak mengingat dan mempelajari informasi baru. Kartu ini mudah dibuat dan digunakan. Sebagian besar anak-anak adalah visual learners dan kartu bergambar dengan warna-warna menarik bisa sangat bermanfaat untuk mengajar mereka.
Flash cards seringkali digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris dan pengenalan konsep matematika. Tapi bukan berarti tidak bisa digunakan dalam bidang yang lain. Bidang study apapun bisa memanfaatkan media ini, bahkan ibu dan bapak yang sudah mempunyai anak bisa membuat sendiri kartu ini dan menggunakannya untuk mengajarkan atau memperkenalkan berbagi konsep. Flash cards bisa digunakan untuk menciptakan memory games, review quizzes (pengulangan pelajaran di sekolah), guessing games (tebak-tebakan), bahkan untuk memperkenalkan topic diskusi.
Dimana bisa mendapatkan flash cards ini? Bisa dibeli di toko, download dari internet, dan kalau mau lebih bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan bisa membuat sendiri baik itu menggunakan computer, menggunting gambar dari majalah atau Koran, sampai dengan menggambar sendiri. Dibawah ini contoh flashcards yang bisa didownload dari berbagai situs berbasih pengajaran bahasa Inggris yang ada di internet. Memang jauh lebih bagus dan full color. Kalau nggak mau repot ini adalah pilihan terbaik dan cuma modal printer warna dan ongkos laminting.


Ingin flash cards yang anda buat bertahan lebih lama sehingga bisa dipakai berulang kali? Buatlah dengan kertas yang agak tebal dan kemudian di laminating. Ingat, kalau akan menggunakannya untuk balita atau anak kecil, jangan lupa menggunting ujung-ujungnya yang tajam agar tak melukai anak atau murid anda. Selamat mencoba dan berkreasi dengan flash cards.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar