Seorang guru/instruktur/dosen harus
memiliki kemampuan yang baik dalam menyampaikan materi yang diajarkannya, bila
tidak… maka yang terjadi adalah siswa/mahasiswa akan kurang faham, tidak
menyukai mata pelajaran tersebut atau bahkan anda sendiri sebagai pengajar
tidak disukai. Tidak pelit nilai mungkin hal yang bijak sebagai seorang
pengajar dan tentunya anda akan menjadi pengajar favorit dikelas, tetapi hal
ini tidak mendidik dan merugikan siswa yang anda didik. Berikut ini ada
beberapa tips yang biasa saya lakukan bila menyampaikan materi dikelas :
Sebelum Menyampaikan Materi :
- Pelajarilah kembali materi yang akan disampaikan dan
buatlah rangkuman atau point-point penting pada materi tersebut, karena
mungkin anda banyak mengajar mata pelajaran lainnya maka terkadang sudah
agak lupa dengan materi ini sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih
siap.
- Buatlah diktat atau rangkuman yang dapat di fotocopy
atau disalin oleh siswa, sehingga kita tidak perlu merujuk banyak buku
kepada siswa. Hal ini juga memudahkan siswa sehingga ia tidak perlu banyak
membeli buku. Apabila mata pelajarannya eksak/hitungan, buatlah rangkuman
rumus kepada siswa.
- Siapkan soal-soal latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi
menjadi kategori ringan, sedang, dan susah. Rangkum semua soal tersebut
dalam satu buku atau file dan buat memo disetiap soal tersebut… memo ini
dibuat agar anda tahu kapan anda pernah memberikannya kepada siswa dan
pada kelas berapa, sehingga soal yang sudah diberikan tidak disampaikan
lagi pada pertemuan berikutnya.
- Milikilah absen siswa anda, dan buatlah tabel nilai dan
presentase kemajuan siswa. Hal ini berguna agar anda dapat mengetahui
apakah materi anda telah diserap dengan baik oleh siswa dan siswa mana
yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar nilainya tidak jatuh.
Saat di Kelas :
- Buatlah suasana yang menarik dan tidak membosankan,
untuk itu anda harus banyak latihan agar cara berbicara, sikap, dan metode
ajar anda dapat diterima dengan baik oleh siswa. Menjadi guru yang garang
dan terlalu disiplin terkadang akan membentuk siswa yang keras juga, untuk
itu buatlah siswa takut karena hormat kepada anda dan bukan takut karena
hukuman anda. Pernah ada siswa yang sangat nakal, namun ia justru malu dan
takut dengan salah satu guru yang sangat dihormatinya. Berikan perhatian
anda dengan penuh kasih sayang, bukan mencari kesalahan mereka..
- Buatlah quiz di awal dan akhir penyampaian materi, bila
waktu tidak memungkinkan lakukan hanya di akhir materi bukan diawalnya…
hal ini dapat menjadi indikator apakah materi yang telah disampaikan sudah
diterima dengan baik oleh siswa. Saya banyak mengalami quiz dilakukan
hanya di awal materi, hal ini hanya membuang waktu dan tidak efisien
karena secara logika tentunya siswa belum mengetahui materi yang akan
disampaikan. Kalo soal quiznya materi hari kemaren itu namanya ulangan…
jadi perlu bedakan antara quiz dengan ulangan yach…
- Sampaikan materi dengan menyampaikan point-point
pentingnya saja, jangan terlalu banyak bertele-tele atau terlalu banyak
bercerita yang bukan dalam ruang lingkup materi anda. Untuk materi eksak,
perbanyaklah contoh soal… sampaikan perlahan dan buat agar siswa juga
sama2 ikut berfikir.
- Lakukan sistem ajar yang lebih interaktif berupa tanya
jawab, pancinglah siswa agar banyak bertanya. Selain itu ada juga perlunya
anda bersenda gurau disela-sela penyampaian materi agar tidak terlalu
tegang.
- Pekerjaan Rumah (PR) dapat anda berikan setiap akhir
penyampaian materi, namun bila ternyata itu tidak efektif misalnya banyak
yang tidak mengerjakan atau ternyata banyak yang saling mencontek
pekerjaan teman2nya sebaiknya metode PR nya anda ubah misal dengan beda
soal tiap siswa atau cara lainnya.
- Anda perlu melakukan evaluasi terhadap cara anda
mengajar, ini bisa dilakukan dengan memberikan questioner pada siswa
terhadap cara mengajar anda.
- Anda juga dapat melakukan quiz interaktif, yaitu dengan
membaca soal satu persatu dan mahasiswa langsung menjawab.. anda berikan
waktu yang terbatas untuk menjawab soal tersebut. Misal bacakan soal no. 1
kemudian langsung dijawab oleh siswa, setelah itu bacakan soal no.2
kemudian siswa menjawab, demikian seterusnya… metode ini membuat siswa
berfikir cepat dan tidak dapat mencontek.
Selamat mengabdi, didiklah anak kita
untuk kemajuan bangsa dimasa yang akan datang… Semoga Bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar